Ini Dia Satelit Andalan TELKOM dari Masa ke Masa

Selamat datang di situs Wisma Parabola, jagonya antena parabola murah di Semarang. Untuk artikel kali ini saya ingin membahas tentang satelit yang dimiliki oleh Telkom Indonesia. Seperti apakah satelit yang dimiliki Telkom Indonesia dari masa ke masa, simak sampai tuntas bahasan di bawah ini.

Telkom diketahui telah lama mengoperasikan satelit miliknya sendiri. Sebelum adanya satelit Merah Putih yang baru saja mengangkasa bersama SpaceX, terpantau telah ada setidaknya 9 satelit yang pernah serta masih digunakan oleh Telkom saat ini.

Pertama kali Telkom mengoperasikan satelit Palapa A1 yang mengangkasa pada 9 Juli 1976. Peluncuran satelit tersebut sangat monumental sebab menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara pertama yang mempunyai satelit domestik sendiri.

Yang menjadikannya lebih prestisius adalah bahwa Indonesia termasuk salah satu dari tiga negara yang meluncurkan satelitnya sendiri. Hal tersebut diutarakan oleh Arif Wibowo yang menjabat Vice President Corporate Communication Telkom saat ini.

Palapa A1 yang diketahui mempunyai 12 transponder tersebut diluncurkan dari Cape Canaveral yang pada saat itu masih dikenal bernama Cape Kennedy di Florida, USA. Nama Palapa sendiri terinspirasi dari sebuah sumpah seorang patih di masa Majapahit, yaitu Gadjah Mada. Sumpah Palapa berisi tentang janji Patih Gadjah Mada untuk menyatukan seluruh Nusantara, oleh sebab itu Palapa menjadi nama satelit pertama yang dimiliki Indonesia.

Indonesia merasa peran satelit sangatlah penting guna menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia yang tediri dari ribuan pulau. Oleh sebab, setelah mempunyai Palapa A1, selanjutnya menyusul satelit Palapa A2 yang diluncurkan pada 11 Maret 1977. Dan setelahnya, Telkom secara rutin menambah satelit dengan transponder yang semakin besar.

Berturut-turut setelah Palapa A1 dan A2, Telkom telah meluncurkan Palapa B1 pada 16 Juni 1983, Palapa B2P pada 21 Maret 1987, Palapa B2R pada 14 April 1990, Palapa B4 pada 14 Mei 1992, Telkom 1 pada 13 Agustus 1999, Telkom 2 pada 15 November 2005, Telkom 3S pada 15 Februari 2017 dan terakhir satelit Merah Putih yang bakal diterbangkan.

Hingga saat ini, Telkom mengoperasikan 3 satelit, yaitu Telkom 2, Telkom 3s dan satelit Merah Putih yang baru saja mengangkasa pada 7 Agustus 2018 yang lalu. Telkom 2 diproyeksikan untuk dapat beroperasi hingga tahun 2020, sedangkan Telkom 3s hingga tahun 2032. Satelit Merah Putih menjadi salah satu satelit dengan jumlah transponder terbesar diantaranya.

Satelit Merah Putih memiliki kapasitas serta cakupan Standard C-Band sebanyak 24 transponder (Asia Tenggara), Standard C-Band 24 transponder (Asia Selatan), dan Extended C-Band 12 transponder (Asia Tenggara). Total kapasitas yang diusung oleh satelit ini sebanyak 60 transponder.

Dengan demikian, Telkom menjadi salah satu perusahaan Indonesia yang memiliki satelit paling banyak. Untuk perusahaan lain hanya memiliki 1 buah satelit dan maksimal 2 yang dioperasikan.

Nah itu dia sedikit gambaran tentang satelit yang dimiliki dan dioperasikan oleh Telkom saat ini persembahan dari Wisma Parabola. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan Anda. Dan sekiranya bisa share ke teman-teman Anda apabila mendapati hal tersebut bermanfaat.

Video EXCLUSIVE Detik-detik Peluncuran Satelit Merah Putih Telkom Indonesia

2 Replies to “Ini Dia Satelit Andalan TELKOM dari Masa ke Masa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *